SPK Metode Topsis Siswa Teladan dan Berprestasi

SPK Metode Topsis Siswa Teladan dan Berprestasi diperlukan pihak sekolah untuk kepentingan eksternal, seperti pemberian data siswa berprestasi kepada Dinas Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi. Penilaian Prestasi Siswa yang telah dibuat dan ditunjang dengan penilaian akademik siswa, dengan harapan agar hasil yang diperoleh lebih objektif. Namun, sistem baru tersebut belum diimplementasikan oleh pihak sekolah karena masih terdapat keterbatasan, yaitu data siswa yang diolah cukup banyak dan belum adanya sistem informasi yang mendukung.

Pada perancangan dan pembuatan aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan siswa teladan dan berprestasi ini  penulis membuat pembatasan masalah sebagai berikut:

  1. Kriteria penilian meliputi nilai rata-rata rapot, rangking, absensi, kegiatan ekstra kurikuler dan penilaian sikap.
  2. Sistem dibangun dan dikembangkan dengan metode topsis, bahasa pemograman PHP dan database MySQL.

Dengan adanya aplikasi sistem pendukung ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam proses penentuan siswa teladan dan berprestasi dari sistem manual menjadi sistem terkomputerasasi sehingga dapat meyingkat waktu dalam hal proses penentuan siswa teladan sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh pihak sekolah.

Spk Metode Topsis ini dibagi menjadi tiga buah hak akses yaitu admin, wali kelas dan Kepala Sekolah.

  1. Admin, yaitu pengguna dengan level tanpa batas atau dapat melakukan semua proses yang ada didalam sistem ini.
  2. Wali Kelas, yaitu pengguna aplikasi yang dapat melakukan proses pengajuan data siswa dan melakukan penilaian kepada siswa.
  3. Kepala sekolah, yaitu pengguna yang hanya dapat melihat laporan hasil perangkingan yang telah dilakukan oleh sistem.

SPK Metode Topsis DFD

Kesimpulan yang dapat diambil dari sistem pendukung keputusan untuk menentukan siswa teladan dengan metode TOPSIS  ini adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan hasil pengujian sistem pendukung keputusan penentuan siswa teladan. Hasil implementasi dengan memasukkan data kriteria, bobot dan penilaian siswa sistem akan otomatis memberikan perangkingan alternatif rekomendasi siswa teladan.
  2. Penerapan metode TOPSIS dapat digunakan untuk membantu merekomendasikan dakam pemilihan sistem teladan di sekolah karena program ini memberikan hasil rekomendasi perangkingan siswa teladan dengan pengurutan dari nilai alternatif terkecil sampai nilai alternatif terbesar.
  3. Manfaat menggunakan metode TOPSIS antara lain dapat membantu menentukan keputusan pemilihan siswa teladan dengan tepat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.

SPK Metode Topsis Kriteria

SPK Metode Topsis Hasil

 

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu
Powered by