Sistem Pendukung Keputusan Kinerja Dosen Metode SAW

Sistem Pendukung Keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Penilaian kinerja dosen dalam suatu perguruan tinggi merupakan suatu kegiatan untuk mengevaluasi kinerja dari setiap dosen yang ada dalam perguruan tinggi. Secara umum manfaat penilaian kinerja dalah mengelola operasi organisasi secara efektif dan efisien melalui pemotivasian personel secara maksimal, membantu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penghargaan personel, mengidentifikasi kebutuan dan pembangan personel, dan menyediakan suatu dasar untuk mendistribusikan penghargaan.

Hasil dari penilaian kinerja ini akan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan dan setiap dosen yang terpilih akan diberikan penghargaan. Untuk membantu proses penilaian dibutuhkan sistem yang mampu mendukung keputusan penilaian dosen.

  1. Sistem dibangun dan dikembangkan dengan metode simple addictive weighting, bahasa pemograman PHP dan database MySQL.
  2. Kriteria penilian meliputi penilaian penyampaian materi, soal ujian sesuai mata kuliah, jawab dosen, pengabdian kepada masyarakat dan jumlah penelitian dosen .
  3. Sistem hanya memberikan pendukung keputusan rekomendasi saja sehingga keputusan sesungguhnya yang diambil tetap berada pada user.

Implementasi sistem dibuat sedekat mungkin dengan rancangan sistem sehingga sistem yang telah dibuat tidak keluar dari kebutuhan sistem yang telah dirancang. Menu atau fasilitas sistem yang disediakan dan akan diimplementasikan ke dalam sistem pendukung keputusan  penilaian kinerja dosen mengunakan metode simple addictive weighting adalah sebagai berikut:

Sistem Pendukung Keputusan

Sistem Pendukung Keputusan SAW Hasil

Berdasarkan hasil dan pembahasan dari sistem pendukung keputusan penilaian kinerja yang dibangun, maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut :

  1. Sistem pendukung keputusan penilian kinerja dosen yang dibangun dapat digunakan untuk membantu pihak kampus untuk mengolah dan menentukan dosen terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh pihak kampus.
  2. Dengan adanya sistem pendukung keputusan yang telah dibuat maka pihak kampus dalam menentukan dosen terbaik dan membantu mempercepat pembuatan laporan.
  3. Penerapan metode simple addictive weighting dilakukan dengan menambah algoritma perhitungan yaitu menetapkan kriteria dan alternif penilaian, mengubah data menjadi matriks keputusan, normalisasi matriks keputusan, penentuan nilai preferensi dengan menjumlahkan hasil nilai terbobot serta penentuan rangking berdasarkan nilai preferensi.

 

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu
Powered by