SPK Karyawan Metode Topsis

SPK Karyawan Metode Topsis atau Sistem Pendukung Keputusan Karyawan Metode Topsis. Topsis adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang pertama kali diperkenalkan oleh Yoon dan Hwang pada tahun 1981. Metode TOPSIS didasarkan pada konsep bahwa alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif.

TOPSIS bertujuan untuk menentukan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif. Solusi ideal positif memaksimalkan kriteria manfaat dan meminimalkan kriteria biaya, sedangkan solusi ideal negatif memaksimalkan kriteria biaya dan meminimalkan kriteria manfaat.

Pada aplikasi SPK Karyawan Metode Topsis ini diberikan pembatasan masalah sebagai berikut:

  1. Sistem dibangun dan dikembangkan dengan metode topsis, bahasa pemograman PHP dan database MySQL.
  2. Kriteria penilaian meliputi kejujuran, ketaatan, absensi, kedisiplinan, tanggung jawab, kebersihan, kerajinan dan kerjasama.

Secara umum, prosedur atau langkah-langkah dalam metode TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution) meliputi:

  1. Membuat Membuat matriks R yaitu matriks keputusan ternormalisasi Setiap  normalisasi  dari  nilai  rij dapat  dilakukan  dengan  perhitungan menggunakan persamaan dua.
  2. Membuat pembobotan pada matriks yang telah dinormalisasi Setelah dinormalisasi, setiap kolom pada matriks R dikalikan dengan bobotbobot (wj) untuk menghasilkan matriks pada persamaan tiga.
  3. Menentukan nilai solusi ideal positif dan solusi ideal negatif. Solusi ideal dinotasikan A+, sedangkan solusi ideal negatif dinotasikan A-. Persamaan untuk menentukan solusi ideal dapat dilihat pada persamaan empat.
  4. Menghitung separation measure. Separation measure ini merupakan
    pengukuran jarak dari suatu alternatif ke solusi ideal positif dan solusi ideal

Perhitungan solusi ideal negatif dapat dilihat pada persamaan

  1. Menghitung kedekatan relatif terhadap solusi ideal. Kedekatan relatif alternatif A+ dengan solusi ideal A direpresentasikan:
  2. Merangking alternatif

Alternatif dapat dirangking berdasarkan urutan Ci+. Maka dari itu, alternatif terbaik adalah salah satu yang berjarak terpendek terhadap solusi ideal dan berjarak terjauh dengan solusi negatif-ideal.

SPK Karyawan Metode Topsis Bobot

 

SPK Karyawan Metode Topsis Hasil

Kesimpulan yang dapat diambil dari sistem pendukung keputusan untuk menentukan karyawan terbaik dengan metode TOPSIS  ini adalah sebagai berikut:

  1. Sistem pendukung keputusan dapat merokemendasikan karyawan terbaik.
  2. Manfaat menggunakan metode TOPSIS antara lain dapat membantu menentukan keputusan pemilihan pegawai terbaik dengan tepat dan meminimalisasi subjektivitas.
  3. Uji coba yang dilakukan dengan memasukkan beberapa sample dapat memberikan rekomendasi pegawai terbaik berdasarkan rangking atau peringkat.
Need Help? Chat with us