Metode Weight Product Seleksi Penerimaan Karyawan

Metode Weight Product mengunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, di mana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Metode Weighted Product (WP) adalah suatu metode yang menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, di mana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot yang bersangkutan.

Metode Weight Product dapat membantu dalam mengambil keputusan pemilihan calon karyawan , akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode ini hanya menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif yang terbaik. Perhitungan akan sesuai dengan metode ini apabila alternatif yang terpilih memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Metode Weight Product ini lebih efisien karena waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan lebih singkat. Bobot untuk atribut manfaat berfungsi sebagai pangkat positif dalam proses perkalian, sementara bobot biaya berfungsi sebagai pangkat negatif.

Metode Weight Product Dashboard

Metode Weight Product Alternatif

Kriteria-kriteria dalam penerimaan karyawan meliputi keahlian, analisis, komunikasi, pengalaman kerja dan penampilan. Metode Weighted Product (WP) adalah salah satu metode dalam sistem pengambilan keputusan dimana pengambilan sebuah keputusan dapat dilakukan secara lebih cepat dan tepat, sesuai dengan kriteria yang di inginkan atau setidak nya medekati kriteria yang diinginkan. Alternatif-alternatif pilihan yang diharapkan dapat memberikan daftar referensi kepada pembuat keputusan sebelum benar-benar mengambil suatu keputusan akhir.

Adapun menu-menu yang terdapat dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • Menu User, menu ini digunakan untuk mengolah data pengguna aplikasi seperti menambah, mengedit dan menghapus data pengguna aplikasi.
  • Menu Kriteria, menu ini digunakan untuk mengolah data kriteria penilaian seperti menambah, mengedit dan menghapus data kriteria penilaian.
  • Menu Alternatif, menu ini digunakan untuk mengolah data alternatif atau calon karyawan aplikasi seperti menambah, mengedit dan menghapus data alternatif penilaian.
  • Menu Nilai, menu ini digunakan untuk mengolah data penilaian aplikasi seperti menambah, mengedit dan menghapus data penilaian aplikasi.
  • Menu Ranking, menu ini digunakan untuk mengolah data rangking penilaian yang telah dilakukan oleh sistem secara otomatis menggunakan metode weighted product sesuai dengan kriteria dan bobot masing-masing kriteria penilaian.
Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu
Powered by