e-Rapor SMK Versi 1.0

e-Rapor SMK adalah merupakan aplikasi standar penilaian pendidikan yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMK. eRapor SMK merupakan kesatuan dari pengembangan dan implementasi standar penilaian di SMK, panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan, dan konsep penilaian berbasis TIK. Aplikasi ini boleh dikembangkan lebih lanjut dan dimodifikasi oleh SMK karena aplikasi ini dari, oleh, dan untuk SMK.

eRapor SMK yang dikembangkan saat ini adalah perangkat lunak berbasis web untuk mempermudah pendidik dan satuan pendidikan mengimplementasikan Permendikbud tersebut. Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk mempermudah dalam menyusun laporan hasil penilaian peserta didik berupa laporan per penilaian, laporan pencapaian kompetensi, rapor, dan legger.

Selain Aplikasi E Raport SMK di rilis juga Panduan e-Rapor SMK Versi 1.0. Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan, mengolah, menganalisis, dan melaporkan kegiatan penilaiannya dengan menggunakan aplikasi tersebut. Diharapkan dengan buku panduan ini, para guru dapat melaksanakan tugasnya dalam melakukan penilaian secara lebih profesional sehingga pada gilirannya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.

Kebutuhan Minimal Perangkat
Spesifikasi minimal server lokal yang harus disediakan untuk aplikasi e- Rapor SMK adalah sebagai berikut:

1. Perangkat Keras
a. Processor Intel Core i5 (Prosesor 64 bit)
b. RAM minimal 8 GB DDR3
c. Jenis PC/Tower/Desktop dan bukan Laptop d. UPS Minimal 500VA
e. Ethernet port

2. Perangkat Lunak
Sistem Operasi 64 bit (Windows 7/Windows 8/Windows 10/ Windows server /Linux)

3. Pengguna
Administrator adalah tenaga pendidik atau tenaga kependidikan memiliki kompetensi atau pengalaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Struktur Aplikasi
1. Antarmuka
Antarmuka Aplikasi e-Rapor SMK Versi 1.0 menggunakan web html 5.0, CSS Bootstrap, FrameWork AJAX, JavaScript yang umum dan banyak digunakan dan bersifat opensource.

2. Backend
Aplikasi e-Rapor SMK versi 1.0 secara umum dari sisi server dan aplikasi itu sendiri menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, PostgreSQL dan API Web Service.

Entitas Pengguna
Pada aplikasi e-Rapor SMK versi 1.0 terdapat 6 tingkatan pengguna yaitu Administrator, Tata Usaha, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wali Kelas, Guru, dan peserta didik/Orang tua peserta didik. Untuk guru dapat memiliki status sebagai wali kelas, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

E-Rapor SMK

e-Rapor SMK versi

 

Need Help? Chat with us