NFS File System adalah salah satu dari banyak cara untuk memungkinkan komputer klien mengakses sumber daya jaringan. Sangat mudah untuk mengatur dan mengelola dan cocok untuk memungkinkan akses publik ke sumber daya jaringan. NFS File System atau Network File System, adalah sistem file terdistribusi yang dapat diaktifkan di lingkungan klien / server. NFS sangat mudah untuk dikonfigurasikan bagi mereka yang ingin mengizinkan mesin klien NFS untuk mengakses titik pemasangan NFS di server menggunakan protokol NFS. Tutorial singkat ini menunjukkan kepada pengguna cara mengatur titik pemasangan NFS di server untuk akses klien. Itu harus cepat dan mudah dimengerti, bahkan untuk pengguna baru.

Artikel Lainnya : Cara Backup Database Secara Terjadwal

Untuk tutorial ini, kami akan menggunakan dua sistem:

  1. Server Komputer dengan alamat IP 192.168.71.131
  2. Komputer Klien dengan alamat IP 192.168.71.133     
  3. Bagikan Nama Sumber Daya: publicdata

Langkah 1: Menginstal paket NFS Server di komputer Host

Agar server NFS berfungsi, Anda harus menginstal paket server. Untuk melakukannya jalankan perintah di bawah ini:

sudo apt-get update
sudo apt-get install nfs-kernel-server

Ketika paket server diinstal, beralih ke klien untuk menginstal paket klien.

Langkah 2: Menginstal paket klien NFS pada sistem klien Untuk mengakses titik pemasangan NFS di server, Anda harus menginstal paket klien NFS File System. Untuk melakukannya, jalankan perintah di bawah ini :

sudo apt-get update
sudo apt-get install nfs-common

Setelah menginstal paket klien, beralih ke server untuk mengonfigurasi titik pemasangan untuk mengekspor ke klien. Langkah 3: Membuat folder/direktori untuk mengekspor (berbagi) ke klien NFS Sekarang komponen server dan klien NFS telah diinstal, Anda sekarang dapat pergi dan membuat folder atau direktori yang akan diekspor ke klien. Untuk tutorial ini, kami membuat folder bernama publicdata di direktori /mnt /.

Untuk membuat folder, jalankan perintah di bawah ini.

sudo mkdir -p /mnt/publicdata

Karena kami ingin lokasi ini dilihat oleh semua klien, kami akan menghapus izin yang membatasi. Untuk melakukan itu, ubah izin folder agar tidak dimiliki siapa pun dalam grup.

sudo chown nobody:nogroup /mnt/publicdata
sudo chmod 777 /mnt/publicdata

Sekarang folder siap diekspor sehingga klien dapat mengaksesnya. Sub folder juga bisa dibuat di sana.

Langkah 4: Mengkonfigurasi file Ekspor NFS File System Sekarang lokasi dibuat pada sistem host, buka file ekspor NFS dan tentukan akses klien. Akses dapat diberikan ke satu klien atau seluruh subnet jaringan. Untuk tutorial ini, kami mengizinkan akses ke satu klien yang disebutkan di atas. File ekspor NFS ada di /etc/exsports Dalam file itu Anda menentukan akses klien. Format konfigurasi adalah:

/server_share_resource          client_IP(share option1, ..... share_optionN)

Jadi, izinkan akses hanya ke klien dengan IP 192.168.71.133. Untuk melakukannya, buka file ekspor dengan menjalankan perintah di bawah ini:

sudo nano /etc/exports

Kemudian tambahkan baris di bawah ini:

/mnt/publicdata          192.168.71.133(rw,sync,no_subtree_check)

dan simpan file tersebut. Hanya klien dengan alamat IP yang ditentukan di atas yang akan mengakses lokasi itu dari jarak jauh. Untuk mengizinkan seluruh subnet

/mnt/publicdata          192.168.71.0/24(rw,sync,no_subtree_check)

Pilihan dalam pengaturan di atas adalah: rw = read/write, sync = write perubahan ke disk sebelum menerapkan dan no_subtree_check = mencegah pemeriksaan subtree.

Ekspor saham dengan menjalankan perintah di bawah ini :

sudo exportfs -a

Restart server NFS dengan menjalankan perintah di bawah ini.

sudo systemctl restart nfs-kernel-server

Langkah 5: Memasang bagian NFS pada klien Selanjutnya, beralih ke klien untuk memasang direktori NFS yang ditentukan pada server. Untuk melakukan itu, buat titik mount pada klien tempat host mount akan dipasang. Ini bisa dimana saja.

sudo mkdir -p /mnt/publicdata

Setelah membuat titik pemasangan, gunakan perintah di bawah ini untuk memasang folder NFS server pada klien Format untuk memasang direktori pada klien adalah seperti yang ditunjukkan di bawah ini: sudo mount server_IP: / NFS_directory_on_server / client_mount_point

sudo mount 192.168.71.131:/mnt/publicdata /mnt/publicdata

Perintah ini di atas memasang direktori pada komputer klien. Anda dapat secara otomatis me-mount direktori dengan mengedit file / etc / fstab dengan menambahkan baris di bawah ini dan menyimpan file.

sudo nano /etc/fstab

Kemudian tambahkan baris di bawah ini dan simpan.

192.168.71.131:/mnt/publicdata /mnt/publicdata nfs auto,nofail,noatime,nolock,intr,tcp,actimeo=1800 0 0

Untuk melepaskan pemasangan folder, gunakan perintah umount.

sudo umount /mnt/publicdata

Jika karena alasan tertentu klien tidak dapat mengakses folder host, buka firewall Ubuntu untuk klien di komputer host.

sudo ufw allow from 192.168.71.133 to any port nfs

Ini adalah cara mengatur mount NFS untuk klien di lingkungan klien / server menggunakan protokol NFS.