Wednesday , 30 November 2022

Whatsapp Gateway

Whatsapp Gateway adalah system yang digunakan untuk menghubungkan aplikasi whatsapp dengan satu atau lebih aplikasi ketiga melalui API dengan tujuan mempermudah pengelolaan pesan masuk dan keluar yang berjalan 2 arah.

Dengan whatsapp gateway kita bisa melakukan banyak hal, seperti whatsapp center yang digunakan oleh pemerintah atau perusahaan sehingga pesan tersebut lebih bisa dikelola dengan mudah.

Dengan Alasan kecepatan kini, hampir semua orang beralih menggunakan aplikasi whatsapp untuk melakukan transaksi online atau berbelanja online. karena orang-orang cenderung lebih percaya dengan penjual yang bisa dihubungi melalui whatsapp.

Adanya aplikasi gateway bisa dimanfaatkan oleh pemerintah atau perusahaan sehingga masyarakat bisa mengakses informasi dengan mudah dan resmi karena dari sumber yang resmi.

Whatsapp bisa berkomunikasi melalui 2 arah ini membuat lebih nyaman kita dalam berkomunikasi. Sebagai client kita bisa mendapatkan akses informasi secara cepat. Dan sebagai penyedia layanan kita bisa memberikan layanan yang terbaik.

Whatsapp Gateway ini terbagi menjadi 2 yaitu aplikasi utama sebagai manajemen pesan pada whatsapp dan aplikai kedua menggunakan nodejs sebagai api servernya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada pada aplikasi whatsapp gateway ini antara lain :

  1. Dashboard – Halaman ini digunakan untuk menampilkan papan informasi singkat yang ada pada sistem, informasi antara lain jumlah nomor tersimpan, jumlah whatsapp terkirim, persentasi pesan terkirim dan jumlah pesan yang telah dijadwalkan.
  2. Whatsapp Web – Halaman ini digunakan untuk menampilkan pesan masuk seperti whatsapp web pada aslinya.
  3. Auto Replay – Halaman ini digunakan untuk manajemen pesan balasan secara otomatis dengan menggunkan keyword tertentu
  4. Google Form – Halaman ini digunakan untuk mengirim pesan google form kepada pengguna whatsapp pada nomor yang telah ditentukan sebelumnya.
  5. Data Nomor – Halaman ini digunakan untuk menampilkan data nomor whatsapp yang telah tersimpan pada sistem, selain digunakan untuk menampilkan melalui halaman ini admin dapat menghapus, menambah dan mengimport data nomor whatsapp pada aplikasi whatsapp gateway.
  6. Kirim Masal – Halaman ini digunakan untuk mengirim pesan ke banyak nomor sekaligus dalam satu waktu secara bersamaan baik secara langsung maupun pesan yang akan dijadwalkan pada sistem.
  7. Tes Kirim – Halaman ini digunakan untuk melakukan uji coba pengiriman pesan whatsapp kepada nomor yang telah terpilih untuk memastikan apakah sistem berjalan dengan baik atau tidak.
  8. Rest Api – digunakan untuk menampilkan data api yang telah disediakan pada aplikasi whatsapp gateway, sehingga dapat dipakai atau berbagi pakai kepada aplikasi lain.
  9. Pengaturan – Halaman ini digunakan untuk pengaturan seperti data pengguna, scan qrcode whatsapp gateway, nomor yang dijadikan sebagai whatsapp gateway dan mengtur url server whatsapp gateway.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :