Source Code Aplikasi Siakad Berbasis Web

Siakad merupakan suatu sistem informasi akademik yang dibuat untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik sekolah. Aplikasi ini dapat diakses secara online melalui web browser yang tentunya memberikan kemudahan tersendiri bagi penggunanya.

Sistem infromasi akademik (SIAKAD) sudah menjadi aplikasi wajib bagi sekolah saat ini. Sekolah dengan kegiatan akademik yang begitu komplek tentu membutuhkan sistem yang dapat membantu memudahkan manajemen dan civitas sekolah dalam mengelolanya.

Dengan adanya sistem informasi akademik, pengelolaan informasi akademik bisa mencakup seluruh kegiatan akademik di sekolah mulai dari proses penerimaan siswa baru (PSB), pembuatan kurikulum, sampai ke pembuatan jadwal mengajar dan masih banyak lagi fungsi yang akan mempermudah pengelolaan kegiatan sekolah.

Berikut beberapa fungsi dari source code aplikasi siakad / sistem informasi akademik berbasis web :
  • Integrasi Data
    Aplikasi siakad online akan mengelola secara terintegrasi seluruh data sehingga data tersebut akan selalu dikelola dengan baik sehingga tidak ada duplikasi data.
  • Pusat Informasi
    Kita bisa dengan mudah mengetahui informasi yang terkait dengan kegiatan kampus melalui aplikasi ini. Aplikasi sistem informasi akademik kampus ini menggunakan sistem respon secara real-time.
  • Rekam Kegiatan Kampus
    Sistem informasi akademik kampus akan memberikan layanan kepada pengguna dengan selalu memantau seluruh kegiatan dan perkembangan kampus mulai dari PMB, KRS, sampai rekapitulasi nilai.
  • Media Komunikasi
    Dengan menggunakan fitur dari aplikasi sistem informasi akademik akan mempermudah seluruh civitas kampus dalam memberi dan menerima informasi.
Dan berikut fitur yang ditawarkan pada source code aplikasi siakad ini, diantaranya adalah :
  • Data Agama, digunakan untuk mengelola data agama seperti menambah, mengubah dan menghapus   data agama yang ada didalam sistem.
  • Data Tahun Ajaran, digunakan untuk mengelola data tahun ajaran seperti menambah, mengubah dan menghapus   data tahun ajaran  yang ada didalam sistem.
  • Profil Sekolah, digunakan untuk mengelola data profil sekolah seperti menambah, mengubah dan menghapus   data profil sekolah yang ada didalam sistem.
  • Setting Semester, digunakan untuk mengelola data semester seperti menambah, mengubah dan menghapus   data semester yang sedang berlangsung.
  • Guru & Karyawan, digunakan untuk mengelola data guru dan karyawan seperti menambah, mengubah dan menghapus   data agama yang ada didalam sistem.
  • Data Siswa, halamn ini digunakan untuk mengelola data siswa serperti siswa aktif, siswa keluar, dan laporan siswa per kelas.
  • Data Kelas,  halaman ini digunakan untuk mengolah data kelas dan pembagian kelas kepada siswa.
  • Mata Pelajaran, halaman ini digunakan untuk menampilkan dan mengelola data mata pelajaran.
  • Data Ekstrakurikuler, halaman ini digunakan untuk mengelola data siswa yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.
  • Presensi Siswa, halaman ini digunakan untuk mengelola data absensi siswa seperti siswa ijin dan siswa tidak masuk tanpa keterangan atau alpha.

Secara teknis, source code aplikasi siakad ini dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web, yaitu bahasa pemrograman  php. Disamping itu juga dari sisi sistem manajemen databasenya menggunakan MySQL. Kedua entitas ini cukup populer bagi kalangan pengembang aplikasi berbasis web. Tentunya juga diharapkan dapat menjadikan kemudahan bagi anda yang sedang ingin belajar bagaimana membuat sebuah aplikasi berbasis web.

Itulah beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi siakad berbasis web. Dan berikut kami sertakan beberapa screenshot aplikasi siakad online berbasis web :

Halaman Login Siakad

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu
Powered by