Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System(GIS) merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi berbasis geografis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi geografis dengan visualisasi data spasial yang berisi letak tanah dan informasi data pemilik tanah.

Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data peta menggunakan Google Map API dan Google Map Direction Service, wawancara dengan pemilik toko, pengumpulan data titik koordinat serta beberapa data penunjang lainnya. Sistem informasi geografis berbasis web menggunakan Google Maps API yang memberikan kemudahan kepada pengguna web untuk mengetahui posisi tanah dan informasi data pemilik tanah. Sistem Informasi Geografis berbasis web atau dikenal dengan istilah WebGIS. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan aplikasi sistem informasi geografif pemetaan tanah.

Dengan Sistem Informasi Geografis maka pengelolaan tanah akan menjadi mudah. Dengan sekali klik pada Sistem Informasi Geografis orang akan tau letak tanah dan informasi siapa pemilik tanah tersebut.

Persediaan areal lahan untuk pengembangan pertanian bila ditinjau dari segi luasan dan teknis budayanya. Penyebaran informasi lahan pertanian yang belum maksimal, secara tidak langsung dapat memperlambat pengembangan pertanian, sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi tentang pemetaan lahan yang dapat diakses dengan mudah oleh Dinas Pertanian dan masyarakat. Selain memetakan lahan pertanian, dibutuhkan analisis lahan pertanian yang menghasilkan informasi tentang kecamatan yang memiliki lahan pertanian terluas beserta hasil pertanian tertinggi yang dapat digunakan untuk mengetahui potensi pertanian yang dimiliki dari kecamatan tersebut.

Dalam sitem informasi geografis ini memiliki bebera fitur antara lain :

  1. Data Tanah (digunakan untuk menampilkan data tanah)
  2. Master Data Tanah (digunakan untuk menampilkan data tanah beserta latitide dan longitude tanah)
  3. Berita (digunakan untuk menampilkan, menambah dan menghapus data berita)
  4. Jenis Bangunan (digunakan untuk menambah jenis kategori bangunan)
  5. Data Pengguna (digunakan untuk menambah data pengguna)
  6. Slider (digunakan untuk menambah data slider halaman utama website)
gis peta tanah
gis peta tanah
Sistem Informasi Geografis
Sistem Informasi Geografis

Download

Need Help? Chat with us