Install Certbot Apache Ubuntu 18.04 LTS (bionic)

Install Certbot Apache Ubuntu – Certbot sedang dalam pengembangan yang sangat aktif, sehingga paket-paket Certbot yang disediakan oleh Ubuntu cenderung usang. Namun, pengembang Certbot mempertahankan repositori perangkat lunak Ubuntu dengan versi terbaru, jadi kami akan menggunakan repositori itu sebagai gantinya.

Certbot menawarkan berbagai cara untuk memvalidasi domain Anda, dan secara otomatis mengkonfigurasi Apache dan Nginx. Dalam tutorial ini, kita akan membahas mode standart Certbot dan cara menggunakannya untuk mengamankan jenis layanan lainnya, seperti blog, website dan layanan lainya. sebelum mengikuti tutorial ini pastikan bahwa kamu telah menginstall nginx dan kamu menggunakan os ubuntu 18.04.

Cara Install Certbot Apache Ubuntu 18.04 LTS (bionic) :

SSH ke server ubuntuSSH ke server yang menjalankan situs web HTTP Anda sebagai pengguna dengan hak istimewa sudo.

Tambahkan Certbot PPAAnda harus menambahkan Certbot PPA ke daftar repositori Anda. Untuk melakukannya, jalankan perintah berikut pada baris perintah pada mesin:

sudo apt-get update

sudo apt-get install software-properties-common

sudo add-apt-repository universe

sudo add-apt-repository ppa:certbot/certbot

sudo apt-get update

Install Certbot Jalankan perintah ini pada baris perintah pada mesin untuk menginstal Certbot.

sudo apt-get install certbot python-certbot-apache

Pilih bagaimana Anda ingin menjalankan Certbot. Dapatkan dan instal sertifikat Anda …Jalankan perintah ini untuk mendapatkan sertifikat dan minta Certbot mengedit konfigurasi Apache Anda secara otomatis untuk menyajikannya, menyalakan akses HTTPS dalam satu langkah.

sudo certbot –apache

Atau, dapatkan sertifikat
Jika Anda merasa lebih konservatif dan ingin melakukan perubahan pada konfigurasi Apache Anda dengan tangan, jalankan perintah ini.

sudo certbot certonly –apache

Tes pembaruan otomatis
Paket Certbot pada sistem Anda dilengkapi dengan cron job atau system timer yang akan memperbarui sertifikat Anda secara otomatis sebelum kedaluwarsa. Anda tidak perlu menjalankan Certbot lagi, kecuali jika Anda mengubah konfigurasi Anda. Anda dapat menguji pembaruan otomatis untuk sertifikat Anda dengan menjalankan perintah ini:

sudo certbot renew –dry-run

Perintah untuk memperbarui certbot diinstal di salah satu lokasi berikut:

 /etc/crontab/ /etc/cron.*/* systemctl list-timers

Konfirmasikan bahwa Certbot berfungsi

Untuk mengonfirmasi bahwa situs Anda diatur dengan benar, kunjungi https://yourwebsite.com/ di browser Anda dan cari ikon kunci di bilah URL. Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki instalasi top-of-the-line, Anda dapat menuju ke https://www.ssllabs.com/ssltest/.

Need Help? Chat with us